Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy Indihome yang Lambat

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy Indihome yang Lambat
Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy Indihome Telkom yang Lambat.

SUDAH dua bulan koneksi internet Indihome saya terasa lemot bin lambat banget. Padahal, saat awal-awal modem TP-Link Speedy diganti Fiberhome, koneksinya cepat, setidaknya normal 100.0 Mbps teh beneran.

Saat pertama kali terpasang, teknisi membuka Youtube dan memperlihatkan video yang tidak lagi buffering alias rarandegan. Pake Indihome atau modem Fiberhome, video lancar jaya.

Namun kebahagian itu berubah sejak dua bulan lalu. Koneksi Internet Indihome lamberta bana! Lemoooot..... bahkan buka laman Facebook dan Twitter saja bisa sempat ngerokok Djarum Black dulu sebatang!

Seminggu terakhir saya menduga, penyebab lambatnya koneksi internet Indihome itu karena pengaruh komputer yang kotor (panas). Namun, ternyata bukan karena itu.

Setelah komputer (laptop) dibersihkan dari debu yang menghinggapinya di dalam, koneksi internet indihome saya masih saja lemot mot mot... !

Dua hari lalu, saya internetan di Hotel Ayola FirstPoint Pekanbaru. Saya ada tiba di kota Pekanbaru Jumat, Sabtu acara mengisi Gerakan Santri Menulis MAI, dan Minggu pulang ke Bandung.

Nah di hotel itu, koneksi free wifinya hanya 72 Mbps. Namun, kecepatannya melebihi koneksi internet saya yang di rumah ini (Indihome). Broswing, surfing, dan blogging saya lancar jaya di sana.

Setelah kembali ke rumah, saya merasakan betul perbedaan kecepatan koneksi itu. Padahal, speed koneksi Indihome tertera 100.0 Mbps! Lho, kok lebih lambat dari yang 72.0 Mbps? Gimana ceritanye?

Saya coba kontak @TelkomCare yang bisa menjadi tempat mengadu. Saya tanya, apakah koneksi internet Indihome saya lambat karena menolak paket 3in1 yang selama ini ditawarkan via telepon dan brosus?

Jawabnya, tidak ngaruh. Lalu tiba-tiba ada SMS dari 147 tentang gangguan internet. Lho? Tiba-tiba terjadi reset juga! Tapi teuteupppppppp..... lemot!

Akhirnya saya coba Googling. Nemu software TCP Optimizer untuk mempercepat koneksi intenet Indihome. Saya download, instal, dan setting.

TCP Optimizer

Alhamdulillah, sukses! Kecepatan internet tidak lagi terasa lambat. Browsing, surfing, dan blogging pun lancar jaya. Djarum Black yang menyala pun tidak sadar dan hangus sendiri :)

Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome yang Lambat

1. Download TCP Optimizer
2. Klik Open untuk Install
3. Klik menu di bagian bawah Optimal
4. Klik menu Modify All Network Adapter
5. Klik Apply changes

Setelah itu, sang software akan minta reboot komputer. Klik Yes. Beres.

Demikian Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy Indihome yang Lambat dengan TCP Optimizer. Pastikan juga komputer Anda bersih dari virus dan debu. Wasalam.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

3 comments on Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy Indihome yang Lambat

  1. artikel anda bagus2 -nuhun pisan

    ReplyDelete
  2. Kalo di hp bisa gak ya aa? Muhun atuh

    ReplyDelete
  3. ngakak dan mudah dimengerti.. nuhun nya

    ReplyDelete

No Spam, Please!