Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Blogspot

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Membuat Blog
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Blogspot yang Keren dan SEO Freindly.

PANDUAN
cara membuat blog gratis di blogger atau blogspot (milik Google) ini ini untuk Anda yang baru mau ngeblog atau baru mengenal dan mau menekuni dunia blogging.

Membuat blog sangatlah mudah, seperti halnya membuat email atau seperti cara membuat akun Facebook. Namun, sebelum langsung ke tips praktis membuat blog, sebaiknya kita pahami dulu apa dan bagaimana itu yang namanya blog.

Pengertian Blog

Menurut Wikipedia, blog adalah kependekan dari kata website log atau web log untuk menamakan aplikasi berbentuk web (situs) yang isinya lebih condong pada tulisan atau artikel yang umumnya tulisannya ditampilkan dalam bentuk berurutan mulai dari artikel terbaru hingga yang paling lama.

Tujuan Membuat Blog

Tujuan utama dari membuat blog adalah untuk berbagi pengalaman, wawasan, ilmu, atau sekadar menyimpan catatan, pemikiran, ide, uneg-uneg, karya puisi, dokumentasi foto, video, dll.

Blog juga menjadi media promosi, branding, membuat citra diri, jualan, toko online, atau bisa menjadi sarana mencari uang dengan menjadi publisher Google Adsense atau mengikuti program afilisasi.

Membuat Blog juga bisa dimaksudkan sebagai media latihan menulis, mengasah keterampilan menulis, dan dengan blogging kita akan semakin mahir menulis artikel atau essai dan lainnya.

Blog juga bisa menjadi media mencari jaringan atau teman. Blog pun bisa menjadi Curriculum Vitae (CV) online yang mudah ditemukan publik.

Jika kita seorang trainer, misalnya, maka undangan menjadi pemateri/instruktur pelatihan akan berdatangan karena publik juga banyak yang mencari trainer di internet.

Langkah-Langkah Cara Membuat Blog 


Proses membuat blog berikut ini untuk membuat blog di blogger dengan subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id kalau di Indonesia.

Sebaiknya membuat blog di blogger milik Google ini karena akan cepat populer dan bisa mendapatkan uang (dolar) dengan mengikuti program periklanan Google (AdSense) nantinya.

Langkah membuat blog di Blogspot ini sekaligus membuat email baru dengan ekstensi @gmail.com (Google Mail) yang juga milik Google.

1. Buka Tab Baru (Open a new tab) --> Tanda plus di bar paling atas dan paling kanan web browser Anda.
2. Ketik www.blogger.com
3. Akan muncul tampilan seperti ini:

Membuat Blog

4. Klik "Buat Akun Baru" (Creat an account)

Membuat Blog

5. Isi formulir yang muncul! Masukkan nomor HP untuk keamanan dan untuk jaga-jaga kalo lupa username dan password.

6. Jika berhasil, akan muncul Greeting dari Blogger/Google.

Membuat Blog

7. Klik "Lanjutkan ke Blogger" dan buat akun terbatas atau Google Plus.

Membuat Blog


Membuat Blog

Kini Saatnya Membuat Blog!
8. Klik "Buat Blog" (create a blog)!

Membuat Blog

9. Isi Judul Blog dengan Nama Blog yang Diinginkan, misalnya Ahmad Fulan.
10. Isi alamat blog dengan nama domain yang diinginkan (huruf kecil semua)

Membuat Blog

Membuat Blog

Membuat Blog


Ikuti langkah selanjutnya!

Tags: Cara Membuat Blog, Gratis Blogger, Blog Blogspot

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Blogspot

Post a Comment

No Spam, Please!