Cara Membuat Blog Keren & SEO Friendly

Posted by | Follow @romeltea

Panduan praktis membuat blog SEO Friendly - plus Gambar Detail & Setting Standar SEO Blogger.

Cara Membuat Blog
CARA membuat blog keren dan SEO Friendly sangat mudah. Jika Anda belum punya email pun, bisa langsung membuat blog di blogger/blogspot.

Begitu membuka www.blogger.com, Anda akan dipandu otomatis oleh Google, sang pemilik blogger, bagaimana mengisi "formulir" yang ada.

Dengan membuat blog di blogspot, Anda otomatis akan memiliki email baru, kecuali Anda sudah mempunyai email Google Mail (Gmail) dan menggunakannya untuk membuat blog.

Cara Membuat Blog SEO Friendly

Bagi Anda yang sudah punya email Gmail, Anda tingga membuka Tab baru dan mengetikkan www.blogger.com, lalu:

1. Klik menu "Create a Blog" atau "Buat sebuah Blog".

Akan muncul penampakan seperti ini dan ikuti langkah sesuai dengan nomor yang dilingkari dalam gambar di bawah ini:

Cara Membuat Blog

Keterangan:
(1) Title -- Ini akan menjadi Nama Blog Anda. Isi dengan nama blog yang Anda kehendaki, seperti contoh pada gambar di atas. Penulisannya biasa, seperti Anda menulis nama Anda atau Nama Media, bisa juga huruf KAPITAL SEMUA.

Sebaiknya nama blog disesuaikan dengan niche (topik/tema) isi blog, namun tidak apa-apa menggunakan nama Anda jika akan menjadi blog pribadi (personal blog).

(2) Address -- Ini akan menjadi alamat blog Anda. Isi dengan huruf kecil semua dan disambungkan, tanpa spasi. Misalnya, klinikblogging, blogbaruku, atau namasaya, nantinya akan otomatis menjadi URL: http://klinikblogging.blogspot.com.

Jika alamat blog tidak tersedia, itu artinya sudah dimiliki orang lain. Tambah saya dengan strip (-) atau huruf/angka.

(3) Template -- Pilih saja dulu template paling depan, klik "Simple". Nanti bisa diganti dengan template yang lebih keren dan SEO Friendly!

(4) Klik "Create a Blog"!

Selamat! Blog Anda sudah jadi!!! 

SETTING SEO 
Kini saatnya melakukan setting standar Search Engine Optimization (SEO) Blogger. Tujuannya agar blog kita mudah diindeks mesin pencari, terutama Google, dan mudah ditemukan oleh pengunjung, pembaca, atau pengguna internet.

2. Klik Nama Blog Anda!

Cara Membuat Blog

3. Klik menu "Setting"

Cara Membuat Blog

4. Klik menu "Edit" untuk memunculkan kolom deskripsi blog.

Cara Membuat Blog Keren & SEO Friendly

MEMBUAT DESKRIPSI BLOG

5. Isi kolom Deskripsi berupa kalimat ringkas yang menggambarkan konten (isi) blog, sekaligus kata kunci (keywords) atau tema/topik tulisan, foto, video, atau audio yang akan dipublikasikan di blog Anda.

Cara Membuat Blog

6. Klik Save Change, lanjut gan? eh.. lanjutkan dengan klik menu "Posts and Comments" dan lakukan setting seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Blog

Keterangan:
  • Angka 5 adalah jumlah judul posting yang ditampilkan di halaman depan (home/homepage). Bisa diubah menjadi lebih banyak, namun Google menyarankan jumlahnya maksimal 10 agar tampilan blog cepat ( fast loading). (Make your blog load faster).
  • Setingan "Comment": semua pengunjung/pembaca bisa berkomentar, namun lebih dulu dimoderasi atau harus mendapatkan persetujuan admin blog sebelum dipublikasikan.
  • Verifikasi pilih "No" karena CAPTCA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) hanya akan mempersulit dan membuat user enggan menulis komentar!

Jangan lupa, Save Setting!


Cara Membuat Blog

7. Klik "Language and formatting" dan lakukan setting seperti gambar di bawah ini!

Cara Membuat Blog

8. Save Setting!
9. Klik "Search preferences" > klik "Edit"!

Cara Membuat Blog

10. Akan terbuka lowongan kerja, eh.... kolom Meta tags. Isi dengan Deskripsi blog seperti deskripsi di langkah no. 5 di atas, namun dibatasi hanya 150 karakter.

Cara Membuat Blog

Keterangan:

  • Meta Tags adalah "tanda pengenal" blog kita kepada mesin pencari, khususnya Google, sehingga blog kita akan mudah dan cepat diindeks.
  • Meta Tags ini juga berfungsi membuka kolom "Search Deskription" saat kita menulis posting, yaitu di sebelah kanan, dan bisa diisi dengan Copas Judul atau kata kunci yang dibidik. (Nanti dijelaskan di tips seo posting blog).
11. Klik Save changes!
12. Klik menu "Layout" > klik "Edit" di widget "Blog Posts".

edit blog posts

13. Lakukan setting seperti pada gambar berikut ini. Centang hanya pada yang dilingkari merah. Sisanya, silakan scroll ke bawah, lalu bukan centangannya alias biarkan saja jangan dicentang!

konfigurasi posting blog

14. Klik Save!

SELESAI !!!
Setingan awal blog sudah tuntas. Setingan lain ada di tingkat "Intermediate" atau level kedua nanti akan muncul di sejumlah tips blogging lainnnya. 
DOWNLOAD THIS TIPS (FILE PDF)

Cara Mengganti Template
Demikian cara membuat blog gratis di Blogger. Jika akan mengubah tampilan blog, sila baca Cara Mengganti Template Blog.  

Setelah Membuat Blog: Cara Membuat Konten

Blog sudah dibuat. Tampilan atau templatenya sudah  diganti. What Next? Tentu saja, mengisinya! Jangan lupa, sempatkan baca Kebijakan Konten Blogger agar blogging Anda aman dan lancar jaya, tidak terkena sanksi Google.

Dalam Kebijakan Konten itu, Google menetaplkan konten yang boleh dan terlarang. Misalnya, konten dewasa itu dilarang. Setidaknya, jika kontennya pornografi, maka blog Anda tidak akan bisa menjadi Publisher Google AdSense.

Niche Blog


Cara Membuat Blog
Konten Blog tergantung niche atau tema yang dipilih. Harap diperhatikan, banyak blogger yang memilih niche blog yang tidak sesuai dengan keahliannya. Akibatnya, konten blognya lebih banyak hasil Copy-Paste (COPAS) ketimbang tulisan sendiri, asli, unik, orisinal.
 
Niche blog terbaik adalah topik yang sesuai dengan passion, yakni bakat dan minat, sehingga posting akan asli, ditulis dengan hati, punya jiwa, kuat, karena memang dikuasai.

Niche blog terbaik lainnya adalah topik seputar pengalaman atau hal-hal yang sudah dialami, lalu dibagikan kepada pembaca.

Jika Anda tidak memilih niche blog tertentu, maka blog Anda menjadi general blog, yaitu blog yang membahas atau berisi apa saja, segala macam ada. Itu sah-sah saja, bahkan bisa menjangkau pembaca yang lebih luar.

Demikian panduan cara membuat blog gratis di Blogger plus SEO dasar dan sedikit ulasan tentang konten atau isi blognya.Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com/).*

» Thanks for reading Cara Membuat Blog Keren & SEO Friendly

4 Komentar untuk "Cara Membuat Blog Keren & SEO Friendly"

gan, pas saya cek ke-seo-an blog saya di CHKME, keywordnya kosong, itu gimana ya solusinya ? makasih

kenapa ya pa.,. yang saya teh tidak valid terus

thanks verrymuch atas tutor bloggingnya...

No Spam, Please!

Back To Top