January 20, 2015

Hoax Erdogan Ganti Foto Ataturk dengan Al-Fatih

Romel Tea January 20, 2015

SEJUMLAH blog dan laman Facebook Islam dihebohkan dan "digembirakan" dengan kabar Presiden Turki Recep Thayip Erdogan mengganti foto Mustafa Kemal Ataturk dengan Sultan Muhammad al-Fatih di ruang kerjanya.

Ataturk adalah tokoh sekuler pendiri negara Turki, sekaligus tokoh yang mengakhiri era kekhalifahan (Khilafah) Islam Bani Utsmaniyah. Sultan Muhammad Al-Fatih (Sultan Muhammad II) adalah Khalifah Utsmaniyah Turki yang menaklukan kekaisaran konstantinopel.

Ternyata, kabar atau foto itu HOAX alias berita bohong. Foto yang pertama kali dipublikasikan Page Facebook Aljazera Mesir pada Sabtu 10 Januari 2015 itu tidak lain hasil editan Photoshop, seperti halnya foto mesra Abraham Samad dan Elvira yang heboh itu.


Ini foto yang disebut-sebut Erdogan mengganti foto Ataturk dengan Al-Fatih itu:

Erdogan Ganti Foto Ataturk dengan Al-Fatih

Foto di atas memang ada di halaman Facebook Aljazeera Mesir, lalu direposting oleh banyak blog atau situs berita Islam, seperti EramuslimIslamedia , dan Harakah Daily

Di laman Facebook Aljazeera-nya sendiri, foto ini di-like 453, di-share 510, dan dikomentari ratusan Facebooker. Umumnya menuliskan "Allahu Akbar" dan puja-puji kepada Erdogan!

Namun, salah seorang Facebooker kemudian menunjukkan FOTO ASLI sebagai berikut, merujuk pada berita foto tanggal 2 Januari 2015. di situs Turkey Post dengan caption

"Tidak ada lagi foto Ataturk dalam pertemuan terakhir di Dewan Keamanan Nasional (The absence of image "Ataturk" in the last meeting of the National Security Council). 

غياب صورة "أتاتورك" في الاجتماع الأخير لمجلس الأمن القومي

Erdogan Ganti Foto Ataturk dengan Al-Fatih

Jelas, heboh kabar Erdogan Ganti Foto Ataturk dengan Al-Fatih itu HOAX, sampai ada sumber lain yang terpercaya dan videonya! 

Lagian, media Turki, adakah yang memberitakannya? Pelajaran berharga bagi pengelola media Islam di tanah air! Jangan terlalu semangat, gan! Cek dan ricek dulu gih! :)

Bandingkan juga dengan foto terbarunya berikut ini, yang dimuat di akun Facebook Erdogan yang diunggah tanggal 19 Januari 2015. Makin jelas, Erdogan Ganti Foto Ataturk dengan Al-Fatih itu Hoax!!!

Erdogan Ganti Foto Ataturk dengan Al-Fatih, Hoax!

Tapi..... kalo suatu saat Erdogan benar-benar memasang foto Al-Fatih, maka hamdalah dan takbir layak digemakan! Amin....!!!

BTW, APA SIH HOAX ITU? 

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!