Struktur Data: Hal Penting Banget yang Sering Dilupakan Blogger

Romeltea | Follow @romel_tea

tips seo blog
Tips Dasar SEO Blog: Memperbaiki Structured Data Template

DATA blog terstruktur (Structured Data) merupakan salah satu hal penting pake banget yang sering dilupakan blogger. Menurut para ahli seo blog, Structured Data-lah yang memainkan peran terpenting agar blog terindeks mesin pencari, khususnya Google, dengan mudah dan cepat.

Template blog yang baik dan seo friendly itu tidak cukup hanya fast loading, memiliki seo meta tags, dan heading tags H1 dinamis, tapi yang terpenting juga memiliki Structured Data blog yang baik.

Maka, begitu Anda membuat blog atau ganti template, segera cek dulu Structured Data Blog Anda ke Structured Data Testing Tool di Webmaster Tools Google.

CARANYA:
1. Copy+Paste URL Link blog Anda, klik "Preview"
2. Copy+Paste URL Link salah satu posting atau lisan Anda, klik "Preview"

Lihat hasilnya.

COMMON ERROR
Biasanya, template blog yang buruk akan menghasilkan error atau warning sebagai berikut:

  1. Error: Missing required field "updated".
  2. Error: Missing required hCard "author".
  3. Error: If this markup is about a person, at least 2 of the following fields are needed: organization, location, or role

CARA MENGATASINYA:
Cara terbaik dan tercepat adalah ganti template yang tidak menghasilkan error. Namun, jika keukeuh mau pake template yang error struktur datanya itu, ma perbaiki ketiga error tadi dengan cara:

  1. Klik "Template" > "Edit HTML".
  2. Atasi error missing "updated" & "author" dengan mengganti SEMUA kode hfeed menjadi h-feed dan hentry menjadi h-entry (ditambah strip doang setelah huruf "h"). 
  3. Atasi error nomor 3 dengan cara memasukkan kode di bawah ini tepat di bawah kode post-author vcard atau yang semisalnya:

<span class="org">Company/Organisation Name</span>
<span class="role">Your role</span>

Untuk detail cara mengatasi error "markup is about a person" ini, silakan ke TKP:
Solution for "If this markup is about a person, at least 2 of the following fields are needed" error in google authorship.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Struktur Data: Hal Penting Banget yang Sering Dilupakan Blogger

Post a Comment

No Spam, Please!