Template Blog SEO untuk Akademisi - Blog Dosen dan Mahasiswa

Romeltea | Follow @romel_tea

Academia Template
Template Blog SEO untuk Akademisi - Blog Dosen dan Mahasiswa

USAI memberikan "pelatihan" tentang blogging di sebuah kampus, bertema "Optimalisasi TIK Blog untuk Menunjang Perkuliahan", saya tertantang mencarikan sebuah template blog yang kira-kira "mantes" buat kalangan akademisi --buat blog dosen dan mahasiswa.

Kriteria umum template blognya adalah simple, elegant, clean, fast loading, SEO Friendly, dan User Friendly. Kalangan akademisi (dosen dan mahasiswa) biasanya mengutamakan konten (isi), bukan tampilan. Apalagi memang konten masih merupakan "raja" dalam dunia blogging (Content is King).

Untuk sementara, saya baru menemukan template blog Denim Series dari Blogcrowds. Saya pilih yang warna biru karena biru adalah Persib dan Persib adalah "Nu Aing" ^_^.

Setelah dicek di GT Metrix, skor loadingnya luarrrr biasa:

  • Page Speed Grade 93% (A) 
  • YSlow Grade: dan 76% (C)
Lalu saya cek skor SEO-nya di Chkme. Skornya juga luarrrr biadab, eh, luar biasa! Cuma 36%! Itu utamanya karena Template Blog demo Denim ini belum dilengkapi Website Description dan Website Keywords. Lagi pula, skor SEO tidak terlalu penting, apalagi setelah Google mengubah algoritma-nya menjadi "ke awal", yakni mengutamakan blog/website yang berisi konten (tulisan) berkualitas, orisinal alias asli alias bukan posting Copy Paste.

Academia Template: Template Blog SEO untuk Akademisi
Saya modifikasi Denim Template tersebut, sekaligus mengubah namanya menjadi Academia Template. Demonya bisa dilihat di Academia Blogger Template dan bisa didownload di sana juga.

Setelah saya modifikasi dan membuatkan demonya, data GT Metrix dan Chkme-nya berubah. Loadingnya jadi  83%/83% (B/B) dan Skor SEO-nya meningkat tajam menjadi 93%.
Academia Blogger Template sudah saya lengkapi dengan Menu Navigasi, Social Share, dan Breadcrumbs agar lebih SEO dan User Friendly. 


Jika Anda berminat menggunakan template ini, silakan download dan install di blog Anda. It's free! Good Luck!

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Template Blog SEO untuk Akademisi - Blog Dosen dan Mahasiswa

Post a Comment

No Spam, Please!