Menulis Lead (Teras) Berita: Summary Lead

Posted by | Follow @romeltea

Menulis Lead (Teras) Berita
Teras Berita Ringkasan (Summary Lead) merupakan lead yang paling lazim digunakan dalam menulis berita.

LEAD (teras) adalah alinea pertama naskah berita. Lead merupakan bagian terpenting sekaligus "tersulit" dalam menulis berita. Umumnya lead diawali unsur WHO (SIAPA) atau WHAT (APA) yang dinilai merupakan unsur terpenting dalam berita.

Summary Lead merupakan lead yang paling lazim digunakan dalam menulis berita, khususnya berita pendek, headline, dan berita media online.
Contoh Lead:
Selasa, 29 Oktober 2013 , 11:03:00
Persib Pertahankan Sergio van Dijk
JAKARTA - Manajemen Persib Bandung telah memagari striker naturalisasi asal Belanda Sergio van Dijk. Pemain berkepala plontos itu akan tetap membela Persib hingga musim depan karena masih terikat kontrak selama setahun.
"Semua pemain akan komunikasi dengan saya terlebih dahulu jika memutuskan ingin mundur. Sampai saat ini tidak ada. Apalagi Sergio dikontrak selama dua tahun," ucap Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, seperti dikutip dari situs resmi Persib Bandung, Selasa (29/10).
Mengenai pemain lain yang belum dikontrak Umuh menyatakan akan segera melakukan penandatanganan kontrak. Umuh juga mengerti bahwa pemain membutuhkan kepastian  secepatnya tentang nasibnya di musim kompetisi mendatang.
"Yang diumumkan pelatih (Djadjang Nurdjaman) itu sudah pasti gabung. Sambil menunggu laporan secara keseluruhan dari pelatih juga kita bangun komunikasi dengan pemain," jelasnya.
Umuh menegaskan, meskipun belum secara resmi dikontrak, pemain yang tetap dipertahankan dan baru tidak akan lepas. "Tidak khawatir, karena semua sudah deal dan tidak ada masalah," imbuhnya. (abu/jpnn).*
Bagian atau kalimat yang berwarna biru dalam berita di atas merupakan lead. Teras berita tersebut diawali oleh unsur WHO, yakni Manajemen Persib. Ini termasuk jenis "lead ringkasan" (summary lead/conclusion lead) yang merupakan "lead favorit" para wartawan, terutama wartawan harian (suratkabar) dan media online.

Summary Lead, Teras Ringkasan

Summary Lead mengacu pada pola penulisan "piramida terbalik" (inverted pyramid), yaitu mengedepankan unsur atau fakta terpenting. Umumnya summary lead berisi tidak lebih dari 35 kata.

Cara termudah menulis lead (teras) berita "summary lead" adalah mengedepankan salah satu unsur berita (5W+1H). Wartawan dengan mudah bisa menyusun fakta-fakta peristiwa dengan memasukkannya pada unsur 5W+1H lalu memutuskan unsur mana yang dinilai terpenting dan dikedepankan dalam menulis lead.

Contoh Peristiwa: Demo Buruh
  1. WHO (SIAPA) = Buruh
  2. WHAT (APA) = Demo/Unjuk rasa
  3. WHEN (KAPAN) = Minggu (10/11/2013)
  4. WHERE (DI MANA) = Depan Gedung Sate Bandung
  5. WHY (KENAPA) = Menuntut Kenaikan Upah
  6. HOW (BAGAIMANA) = Tertib, Dijaga Ketat Polisi, Jalan Diblokir, dsb. (Suasana Demo).
Penulisan Lead:
  1. Ratusan buruh (WHO) berunjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung Minggu (10/11/2013) guna menuntut kenaikan upah.
  2. Aksi unjuk rasa (WHAT) digelar ratusan buruh di depan Gedung Sate Bandung Minggu (10/11/2013) guna menuntut kenaikan upah.
  3. Minggu (10/11/2013) (WHEN) ratusan buruh berunjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung guna menuntut kenaikan upah. (Lead Seperti Ini Jarang Digunakan)
  4. Di Depan Gedung Sate Bandung (WHERE) ratusan buruh berunjuk rasa Minggu (10/11/2013) guna menuntut kenaikan upah. (Lead Seperti Ini Jarang Digunakan)
  5. Menuntut kenaikan upah (WHY), ratusan buruh berunjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung Minggu (10/11/2013).
  6. Dijaga ketat polisi (HOW), ratusan buruh berunjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung Minggu (10/11/2013) guna menuntut kenaikan upah.
Dari keenam jenis summary lead di atas, lead yang paling lazim digunakan adalah nomor 1, 5, dan 6. 

» Thanks for reading Menulis Lead (Teras) Berita: Summary Lead

Tags: Jurnalistik
0 Komentar untuk "Menulis Lead (Teras) Berita: Summary Lead"

No Spam, Please!

Back To Top